Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Friday, April 11, 2014

Analisis Multivariat

Hari pertama UTS, seperti biasa kalo UTS itu pasti belajar yang rajin biar dapet nilai yang bagus. Semaleman belajar dan semaleman juga ditemenin belajar sama orang yang disana. Analisis multivariat adalah salah satu analisis yang menguji variabel dependen dan independen secara bersamaan. Terbayang kan bagaimana susahnya?

Harus belajar matriks, harus belajar inverse matriks, harus belajar beberapa uji, seperti korelasi kanonik, analisis profil dan analisis manova. Hitung-hitungannya itu buanyak sekali dan membuat saya sempat punyeng. Malam harinya, seperti mahasiswa lain. Saya seakan rakus dengan apa yang saya pelajari. Pokoknya harus belajar semua. Tapi yang namanya otak kan juga ada capeknya.

Pagi pun datang dan waktunya jadwal untuk UTS hari pertama, pertama kali saya melihat kelas. Terlalu banyak mahasiswa yang tidak siap dengan ujian pertama ini. Karena pasti bayangannya soal yang keluar akan tidak bisa dikerjakan. Karena notabene dosennya adalah dosen yang teliti dan terkenal tidak ada ampun.

Petugas penjaga ujianpun datang dan membagikan 1 kertas buram dan 1 kertas folio. Disini perasaan saya sudah gak enak. Soalnya ada kertas buramnya segala. Satu diantara kami (mahasiswa) saling pandang. Ada yang senyam senyum. Ada pula yang terlihat jidatnya mengkerut karena bingung dan takut jadi satu.

Soalpun dibagikan, dan akhirnya. Apa yang kami semua takutkan tidak terjadi. Ternyata yang muncul adalah soal deskripsi. Bukan soal hitung-hitungan.

Itu adalah kesa pertama di hari ujian tengah semeter. Nah, untuk hari ini akan ada UTS analisis survival yang membahas tentang data tersensor maupun tidak tersensor. Semoga UTS hari ini dimudahkan. Aminnn
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 Tanggapan pembaca

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top