Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Tuesday, October 18, 2016

Agar Perjalanan Wisata Murah Bisa Berkesan dan Tidak Sia-sia



Ada banyak trik yang bisa Anda coba agar perjalanan wisata tidak memakan biaya yang terlalu banyak. Salah satunya adalah dengan membeli tiket pesawat yang murah. Di dalam negeri, Lion Air adalah yang paling terkenal murah dan cukup nyaman digunakan, ditambah lagi pesan tiket Lion Air yang tergolong gampang membuat maskapai ini banyak dipilih oleh traveler.
Mengenai carapesan tiket Lion Air cukup mudah, yaitu melalui online travel agent untuk mendapatkan tiket murah. Trik ini sebenarnya bukanlah sebuah rahasia mengingat apabila Anda jeli memilih hari dan tanggal, Anda bisa mendapatkan tiket yang sangat murah saat membeli melalui agen online.
Nah, agar perjalanan wisata yang Anda lakukan tidak sia-sia dan supaya lebih berkesan, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lupakan. Berikut diantaranya.

Pilihlah waktu yang paling tepat

Banyak orang melakukan perjalanan wisata tanpa memilih waktu yang paling tepat sehingga perjalanan wisata yang mereka lakukan terasa kurang mantap. Padahal, tidak di semua waktu Anda bisa menemukan event yang sama.
 Gerebek Syawal Keraton Jogja – sumber gambar : lipsus.kompas.com
Satu contoh, jika ingin berwisata ke Jogjakarta, tentu ada beberapa tanggal dimana event-event besar seperti Grebek Syawal, Ramayana Ballet, dan acara besar lainnya dilangsungkan. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jadwal event-event penting di destinasi wisata sehingga Anda tidak akan melewatkannya.

Abadikan perjalanan Anda

Kadangkala saat pergi berwisata, Anda merasa enggan untuk membawa terlalu banyak barang. Salah satunya adalah kamera. Padahal, dengan kamera Anda bisa mengabadikan momen perjalanan yang Anda lakukan. Selain berbekal kamera ponsel, ada baiknya Anda mempersiapkan kamera dengan kualitas yang lebih baik seperti kamera pocket jika ingin lebih ringkas, atau kamera DSLR jika Anda menginginkan hasil yang memuaskan.
Kamera bagus untuk wisata – sumber gambar : bromotravelindo.com
 Karena ini adalah momen yang akan jarang Anda alami, maka mengabadikannya dengan kamera yang paling bagus adalah pilihan bijak. Tentu, Anda tidak ingin kecewa ketika sudah kembali ke rumah dan menyaksikan ternyata foto-foto yang Anda bawa pulang kualitasnya tidak memuaskan bukan?

Buat prioritas

Kadangkala, di suatu daerah ada banyak objek wisata menarik yang bisa Anda datangi. Namun, Anda harus mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk. Misalnya, cuaca yang tidak bersahabat atau karena hal-hal yang lainnya. Jadi, saat pergi berwisata, ada baiknya Anda membuat list prioritas mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Pastikan prioritas paling atas adalah yang paling ingin Anda lihat.
Buat list prioritas wisata – sumber gambar : theodysseyonline.com
Karena akan menjadi sebuah penyesalan apabila ketika melakukan traveling Anda tidak sempat mengunjungi tempat yang selama ini begitu menarik minat Anda.

Persiapan itu penting

Alasan mengapa seseorang melakukan perjalanan wisata murah tentunya karena keterbatasan budget yang dimiliki. Agar perjalanan wisata tersebut tidak sia-sia dan tetap berkesan, lakukan persiapan yang matang.
Mempersiapkan liburan – sumber gambar : wadezig.com
 Jangan ragu-ragu meluangkan waktu untuk melakukan riset mulai dari pemilihan transportasi, memilih tempat menginap, menghitung waktu perjalanan wisata, membuat perkiraan biaya-biaya hingga, memilih destinasi wisata yang paling worth.
Jika perjalanan wisata Anda kali ini sangat singkat, misalnya hanya 3 atau 4 hari, ada baiknya Anda juga menentukan “lama waktu berkunjung” di suatu objek wisata agar sempat untuk mendatangi tempat-tempat yang lain.

Berwisata dengan orang terdekat

Pergi berwisata sendirian sudah pasti bisa menghasilkan sebuah perjalanan yang berkesan. Akan tetapi, menikmati indahnya perjalanan tersebut bersama orang terkasih, pasangan, atau orang terdekat akan membuat perjalanan wisata Anda jauh lebih berkesan dan bermakna.
Couple travel – sumber gambar : huffingtonpost.com
 Agar Anda bisa mengajak seseorang yang dekat dengan anda, jangan lupa untuk berembuk, menyesuaikan jadwal liburan, serta menyesuaikan ide, dan keinginan.

Pilih destinasi wisata yang paling diimpikan

Terpaksa berwisata ke tempat-tempat tertentu karena budget, karena situasi, atau karena waktu yang sangat mendesak seringkali membuat liburan Anda terasa biasa-biasa saja. Sebaliknya, agar liburan tersebut penuh energi, sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari. Salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan memilih destinasi wisata yang paling diimpikan.
 
Destinasi wisata impian – sumber gambar : theplaidzebra.com
 Tempat wisata yang paling ingin Anda lihat dan yang paling ingin Anda kunjungi akan membuat rasa penasaran yang selama ini menggelayuti benak Anda terobati. Selain itu, perasaan saat akan mengunjungi tempat-tempat yang diimpikan juga akan membuat Anda lebih bersemangat dan lebih antusias dalam menjalani liburan.

Itulah beberapa tips perjalanan wisata murah yang bisa Anda lakukan agar tetap berkesan dan tidak terkesan sia-sia. Semoga bisa membantu.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 Tanggapan pembaca

  1. kao aku kadang bisa hemat banyak di tiket dan hotel tapi suka kebobolan waktu belanja. wakakakakaka

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top