Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Friday, April 12, 2013

Kuliah D1, Menipu?

Siapa sih yang sekarang ini tidak mau kerja? Semua ingin kerja pastinya, entah itu anak lulusan SMA, DI, DIII atau bahkan S1. Semua ingin kerja setelah mereka lulus dari pendidikannya. Nah, kali ini saya akan membahas Tentang pendidikan yang di tempuh oleh rekan-rekan kita yang DI atau yang sering kita kenal dengan program profesi. Dengan iming-iming mendapatkan jaminan kerja para penyedia jasa pendidikan DI ini berlomba-lomba untuk merayu murid SMA yang sedang galau memilih perguruan tinggi.

Sekali lagi, orang tua harus selektif memilih lanjutan pendidikan bagi anaknya, paradigma agar anak cepat bekerja mohon dengan hormat di hilangkan. Meskipun sekarang ini banyak kampus D1 yang menawarkan program pasti kerja, tapi kualitas kampus itu juga patut di pertanyakan. Belum lagi jikapun anak kita nanti bekerja di perusahaan yang di sediakan apakah jenjang karirnya menerima lulusan D1?

Ada temen kuliah saya lulusan dari D1 "Gayus" dan sekarang dia bekerja di departemen keuangan negara republik Indonesia. Dia bercerita banyak dengan kerjaannya, dia bilang. "Lha wong lulusan D1, kok pengen langsung tinggi jabatan? Ngimpi" itu kata dia, Sekarang dia sedang melanjutkan S1 di salah satu perguruan tinggi negeri di Malang dan berharap bisa menapaki jenjang karir yang lebih tinggi.

Intinya apa sih? Jika ente seorang orang tua, dari pada memasukkan anak ke program pendidikan D1, mending anak ente masukin aja ke perguruan tinggi negri, saya sebelumnya sudah bilang, biaya kuliah di perguruan tinggi sekarang sudah tidak mahal. Jangan sampai terpaku dengan paradigma anak harus kerja secepatnya. Kasian anak dengan tuntutan kerja dan jenjang karirnya. Masukkan ke perguruan tinggi negri, kalo swasta saya tida merekomendasikan.

Kalo ente seorang yang galau mau kemana setelah lulus SMA, Mending ente mencoba otak ente untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negri di Indonesia. Ingat, bukan orang miskin yang di larang kuliah tapi orang malaslah yang sebenarnya di larang kuliah. Kuliah D1 itu hanya membuang-buang uang, uang masuknya D1 dengan S1 itu sama saja. Jangan lagi tertipu dengan promosi yang mereka tawarkan.

Dan untuk semua, masih banyak di luar sana perguruan tinggi yang menawarkan kualitas yang bagus dengan harga yang rendah serta beasiswa yang banyak. Jangan ragu, tentukan pilihan sekarang. Bantu negara ini supaya kehidupan masyarakat di negara ini semakin baik dengan belajar dengan kualitas.

Kuliah D1 itu baik, tapi lebih baik jika kuliah ke jenjang yang lebih tinggi
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

84 Tanggapan pembaca

  1. Ya klw cuma D1 kan sama aja dengan lulusan SMU. mana ada perusahaan menerima lulusan D1, paling tidak D3 atau S1. bener ndak ?

    ReplyDelete
  2. masih bingung dengan maksud sobat! D1 menipu itu sisi yang mana neh?
    ceritanya teman elo kan lulusan D1 dan diterima di DepKeu. sekarang lanjutin kuliah jenjang S1. lalu yang menipu itu maksudnya yg dimana tuh?

    sekarang banyak orang nyari kerja dulu baru ngurus ngelanjutin sekolah. soalnya nyari kerja sekarang sulit.
    sorry neh, jadi bingung dgn judulnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak indah: maksudku untuk naik jabatannya mbak, susah kalo cuman lulusan D1

      bung penho: ah kayak enggak ngeti trik seo aja nih bung penho .. Hehehe ...

      Delete
  3. mungkin juka bener-bener dan pas-pasan masalah keuangan tidak masalah, namun setelah bekerja nantinya melanjutkan kuliah ke D3 atau S1 (bertahap)...

    ReplyDelete
  4. duh apalagi aku cuma tamatan SMA , sulit cari kerja kecuali kuli atau buka usaha sendiri

    ReplyDelete
  5. sekarang ini semua serba susah sob.. lulusan apapun kalau nggak punya kenalan orang dalam perusahaan yang akan kita lamar, susah juga sobat..pusing.....

    ReplyDelete
  6. haha angkat tangan deh kalo ngomongin kuliah
    belum pernah ngalamin ikutan ngomong tar salah lagi..

    tapi kuliah ga kuliah yang penting pede aja lah
    urusan rejeki ga ada hubungannya sama sekolah
    nyatane aku stm aja ga lulus bawahanku banyak yang sarjana :D

    ReplyDelete
  7. kalo saya punya pendapat yang agak berbeda, Mas. temen Mas yang lulusan D1 STAN, pastilah nggak langsung menjadi manager dong. tapi dia udah mengamankan posisi dulu sebagai pegawai. saat nanti bisa meneruskan sekolahnya ke jenjang S1 misalnya, dia akan ikut program persamaan. di situ dia akan menapak naik. menjadi manajer? mudah saja kalo yang bersangkutan ulet dan berdedikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kemenkeu sudah ga ada lagi program persamaan/UPKP. kalo mau akselerasi naik golongan harus dapet beasiswa sekolah lagi yang bersaing dengan seluruh pegawai kemenkeu yg berminat di seluruh Indonesia.
      D1 = II/A, naik jenjang tiap 4 tahun sekali, untuk jadi III/A (setara S1 freshgraduate) brati harus ke II/B, II/C, II/D = itung sendiri berapa belas tahun yang harus dihabiskan untuk menjadi setara S1.

      Delete
    2. Mohon Maaf kata siapa tidak ada? Coba cek lagi.. memang kalau dari d1 cukup sulit karena untuk mendapatkan setara gol 3a harus minimal dari gol 2c (D3) nah di stan hampir tiap tahun ada d3 khusus stan.. meman cuma lulusan d1, tapi coba liat 10thn ke depan.. punya apa aja dia? ini ngomongin d1 punya kemenkeu ya..

      Delete
  8. Saya sih kalo ada rejeki mau ke pelayaran. Hahaha

    ReplyDelete
  9. yaaa... kikta harus melanjutkan sekolah, D1 bukan semata-mata kita harus berhenti tetapi mengejar ilmu adalah penting sekalaigus ibadah.

    ReplyDelete
  10. d1 STAN masuk kemenkeu misal bea cukai gajinya malah lebih besar dari S1 fresh graduate di pemda ,setelah lanjut ke s1,s2 karier bisa ikut naik. d1 ga semua jelek, tetangga saya d1 STAN malah lebih berkecukupan dari kakak saya yg d4/setara S1 :-s

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Menipu gimana? Aduh, yang nulis ini ambigu banget ya.. Yang nipu dimananya toh temenmu udah dapet kerjaan, masalah naik pangkat ato engga itu tergantung giat apa engganya temenmu itu dalam bekerja :s

    ReplyDelete
  13. yg nulis ga lulus usm stan yak? :3 #peace

    ReplyDelete
  14. Woiiii kalo ngomong pake otak napa.. asal bacot aja nich orang.. biarpun cuma D1, tapi kalo itu kedinasan ya tetep aja lebih enak daripada kuliah S1 tapi belon jelas ntar mau jadi apa.. Lihat noh bnyak lulusan yg sekrang kerjaanya cuma luntang lantung g jelas.. Lagian kalo D1 kedinasan mana ada keluar duit, semuanya gratis..!!!! malahan dah dikasih uang saku semenjak kuliah.. jadi g da ceritanya hamburin2 duit :-$ , malah bisa ngurangin beban orang tua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo harus nghargain maksd dia ngomong gtu,, knp dia ngomong gtu,, lo jg ga tau apa2 ttg dunia kerja...

      Delete
  15. Peraturan di Kemenkeu kenaikan jabatan (tanpa melanjutkan pendidikan) setiap beberapa tahun sekali,misal nih tamatan D1 STAN begitu masuk Kemenkeu jadi golongan II-A.Nah,setiap beberapa tahun sekali(saya kurang tau berapa tahun sekali) jabatannya naik jadi II-B,seterusnya...seterusnya.Memang lama kalau cuma ngandelin ijazah D1,kalau mau cepet naik jabatan,kuliah lagi...ambil D3Khusus STAN kemudian lanjut D4 di STAN ,langsung jadi III-A.terus menipunya dimana?memangnya STAN menjanjikan lulusan D1 dengan ijazah D1-nya bisa jadi Manajer?Kalau yang anda maksud peraturan tentang UPKP,semua lini golongan juga merasa tidak nyaman dengan peraturan ini.Mohon berhati-hati jika membawa nama instansi.
    Oh iya,di pemerintahan tidak ada jabatan manajer.

    ReplyDelete
  16. jadi judul ini semata-mata buat TRIK SEO ? mikir dong mas, tulisan mas yang cetek gini bisa ngrusak pola pikir orang orang awam. kalo pingin webnya eksis, nulis yang mutu, berkualitas, dasarnya bisa dipertanggungjawabkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak ya mas SEO :D udh mampir kesini, jd saya tau ini blog buat apa..

      Delete
  17. Nonsense ah,,, wong udah di angkat di depkeu kok bilangnya menipu??? ya kan setelah lulus d1 bisa lanjut d3 khususnya stan atau ke s1 univ negeri,,, itu sih katanya yang udah ngejalanin....(h)

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga ya mas udah mampir kesini, mungkin bisa dikatakan saya orang awam ni, skrng saya tahu maksud tulisan ini (k)

      Delete
    2. Haha maaf salah emo mas (h)

      Delete
  19. Pengetahuan baru makasih semuanya..

    ReplyDelete
  20. bro jabatan tertinggi kita nanti semua almarhum bro, jadi entah D1 D3 S1 S2 S3 akhirnya juga almarhum.
    yang penting kita loyal terhadap institusi dan pastinya ikhlas . ini dunia bro :D masih ada akhirat :D

    Salam dari saya AEK

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. Bro..... bener banget nih, yg nulis ini nggak lulus STAN. Ya jadi dia kesel, terus curhat di blognya ditambah lgi ngejelek - jelekkin kemenkeu pula. Semoga ente bisa langsung jadi direktur di perusahaan terbesar di Indonesia. Ya......... tapi lo harus bunuh dulu semua pegawai di perusahaan itu wkwkwkkwkkwkwk.......

    ReplyDelete
  23. hmm , seseorang boleh berbuat salah kok , wajar , lagian juga kalo orang yang bener" pengin masuk STAN , ato malah uda jadi mahasiswa STAN harus punya pendirian , kalo cuma gara" tulisan gini mereka sudah berubah main set , jika mereka masuk STAN pasti gak akan bertahan lama . . . but you must learning from your mistake , sebelum ngomong pikirin lah perasaan orang lain jika membaca tulisan anda . . 8-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya bilangnya D1 gayus itu lo yang bikin kesel.. sekolah gue ada namanya woy.

      Delete
  24. Sebaiknya yg nulis post ini jangan ngejelekin nama instansi atau sekolah,nanti tersinggung :-t orang yg sekolah dan bekerja di sana. Dan yg komen juga jangan nyakitin perasaan yg posting :(( Jadi seharusnya hapus aja tulisan ini agar tidak terjadi salah paham.

    ReplyDelete
  25. kembali ke pilihan masing masing individu mas,saya dan teman teman d1 stan banyak yg mengundurkan diri dari s1 perguruan tinggi negri ternama kok :)

    ReplyDelete
  26. Eh mas yang ngepost, gua ini aja skrng ini di terima di S1 hukum universitas lampung, dan gua masih menginginkan masuk STAN walaupun d1, gua udh test stan dan gua gagal. Dari kegagalan itulah gua masih menginginkan dan penasaran masuk STAN. STAN is my dream campus, walaupun kamupus gua yg skrng akrditas A dan jurusan ilmu hukum.
    Tapi gua masih mau masuk stan, doain ya thn 2014 saya masuk stan , amiin.


    Oh ya kata lo masuk di PTN itu murah? Ngok , gua aja kena ukt golongan 5, peraturan skrng udh beda, jadi udh gak setara kyk thn'' lalu.
    Walaupun kluarga kamu mhon maap kurang mampu emang ada bidik misi, tapi toh buku buku juga hrs beli.

    Jadi jagan sok tau !!

    ReplyDelete
  27. sorry bro D1 STAN beda kayak yg lu omongin

    ReplyDelete
  28. Smua itu trgantung dr takdir maha kuasa yg bisa kita rubah, tp kalo dilihat skrg ini, cari krja tau sndiri kan bgaimana....? Kalo dpat ksmpatan utk kuliah di stan mskipun d1 kan dah dpt krja dan apakah di dlm krja itu yg dicari jbatan? Yg di cari kan uang, Trus kalo s1 itu apkah akn lgsung dpt krja? Cb plih mna yg s1 4 thun blm jls di mna krjanya dgn d1 yg 1 thn di stan yg gajinya bs stara dgn jnderal polisi dan bs ngelnjutin sekolah lg. Hidup di dunia ini nggag prlu jbtan langsung tinggi, umumnya di mulai dr tingkat terendah, yg diprlukan skrg adalah pkrjaan yg bs mnopang hidup, dan kmbali lg smua itu trgntung dr diri sndiri, be your self, be brave n be the best, kalo mereka bs kita hrus lbih bs dr mereka

    ReplyDelete
  29. Haha..dasar tolol, dasar penulisan gak ada sama sekali. Lu emang gak mikir apa nulis postingan kayak gini dampaknya kayak apa? Sampah

    ReplyDelete
  30. Mau tanya, misalnya kita punya ijazah D1 trs hendak melanjutkan pendidikan D3, apakah ijazah D1 saya diakui sehingga saya dapat melanjutkannya atau saya memulai dari awal program D3 saya? Misalnya diakui berapa lama masa pendidikan saya?

    ReplyDelete
  31. D1 STAN sudah dijamin dapat kerja dgn penghasilan tinggi. Bukannya mau smbong, tapi penghasilan kemenkeu lebih besar dr pada institusi lain.
    Sekarang PULUHAN RIBU sarjana NGANGGUR loh :p
    Dan satu lagi, mulai tahun 2015 kemenkeu bea cukai menutup penerimaan dari s1. Jadi peluang utk kerja d kemenkeu menjadi lebih sempit untuk kalian yang sedang atau akan melaksanakan pendidikan s1 agar bisa bekerja di kemenkeu. Maaf jika ada yang tersinggung

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. D1 it bagus,,, lebih khusus D1 lewat beasiswa sdh gratis lulusan dijamin,, krn langsung pada sasaran dan menjadi ahli di bidangnya,,,, soal pangkat itu urusan belakang,,, tergantung kualitas kerja kita....

    ReplyDelete
  34. Tulisan Ini Hanya untuk Menaikkan Pengunjung Situs. Namanya Trik SEO. Cari di Goole "SEO".
    Tulisan ini tidak untuk memberi anda informasi tapi untuk keuntungan pribadi pemilik situs.

    ReplyDelete
  35. emt menipu dari sisi mana??? orang udah kerja juga kog menipu
    saya hanya ingin berbagi pengalaman aja
    saya itu salah satu lulusan D1 di kota solo, baru 8 bulan kuliah udah selesai n udah kerja.
    aq sekarang kerja sbagai admin di salah satu akademi kesehatan swasta di kota solo.
    untuk masalah jabatan struktural, gaji, dan tunjangan itu berbeda antara D1 dan SMU.
    dan sekarang saya kuliah di sekolah tinggi swasta untuk meningkatkan jenjang karir

    Lulusan swasta atau negri itu sama aja tergantung orangnya.
    jadi g perlu menjelek2kan.
    istitusi pendidikan itu bukan menipu,,tapi mahasiswanya aja yang g mau kerja keras, lulus langsung pengen kerja enak.
    memang benar d1 g mungkin langsung tinggi jabatanya, karena semua butuh proses.
    so g usah kawatir yang kuliah D1, yang penting kita berusaha memperbaiki diri.
    KEEP SMILE :) N KEEP SPIRIT (o)

    ReplyDelete
  36. semua terserah pilihan gan....
    nggak ada yang dipaksakan
    d1 atau d3 STAN bagus.... setahun kuliah buat yang d1 dan tiga tahun kuliah buat yg d3 ...kuliah biaya gratis,tapi kuliuah di STAN nggak hanya butuh rajin otak juga harus cemerlang karena ancaman DO itu ada di setiap semesternya...biaya hidup tinggal dipikirin karena biaya pemodokan alis kost2 nya tidak ditanggung sama negara alias bayar sendiri....tapi tenang saja biasanya kost2an di sekitar kampus STAN bintaro itu murah meriah apalagi makanannnya... di BDK2 nya juga biasannya murah meriah....biaya tambahan yah paling biaya fotocopy yg bayar...dapat fasilitas uang saku meskipun dirapel...fasilitas perkuliahan bagus... dosen2 juga rata2 lulusan S2 dan S3 bayangkan lulusan S2 ngajar D1 mantep khan jarang ada... coba aja cek di D1 laen paling tinggi juga kuliahnya S1 dosennya....dari selesai kuliah di D1 STAN tinggal nunggu 6 bulan ya paling selagi menunggu penempatan magang dulu di instansi vertikalnya kemenkeu...klo sekarang keknya harus pke TKD untuk jadi Calon CPNS nya kemenkeu... klo lulus berarti bisa lanjut ke CPNS klo nggak lulus disuruh ngulang lagi tes TKD nya tapi pengalaman biasanya karena lulusan D1 atau D3 STAN itu udah pinter2 rata2 pada lulus TKD.... setelah lulus TKD masih harus menunggu lagi penempatan instansi vertikal... karena di STAN banyak jurusan nya ada Perpajakan, Kebendaharaan Negara, Bea CUkai , Akuntansi Pemerintah.... jangan disangka lulusan peprajakan bisa langsung kerja di direktorat jenderal pajak, atau lulusan bea cuka langsung ke ditjen bea dan cukai apalagi jurusan Akuntansi pemerintah yang sangat umum sekali sehingga penempatan instansi bisa di Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan, Kemenkeu atau bahkan ke PEMDA....bahkan tahun2 terakhir ada yang ke bapepam LK yang sekarang jadi OJK mantep khan (menggiurkan tp semua tergantung nasib)....ada juga yg setelah bekerja di kemenkeu mw pindah ke KPK juga ada...dan banyak juga setelah lulus STAN nggak ngambil kemenkeu alias keluar dari dunia per PNS bekerja di SWASTA atau jadi enterpreneur banyak sekali...tapi ingat klo lulusan STAN nggak jalanin ikatan dinas maka harus bayar kenegara sebagai uang pengganti alias ganti rugi kenegara biasanya untuk D1 itu 30 juta dan D3 itu 60 juta (tapi itu bagi lulusan STAN yg nggak mw jalanin masa ikatan dinas bagi yg mw jalanin ya fine2 aja)...masa ikatan dinas di STAN untuk D1 itu 5 tahun dihitung sejak pertama kali CPNS dan untuk D3 ane lupa ... selama masa ikatan dinas ijasah dari STAN tidak diberikan tapi disimpan dikampus STAN..... setelah masa ikatan dinas berakhir ijasah akan diberikan ke masing2......pas masa ikatan dinas alumnus STAN baik dari D1 atau D3 yg mw kulah lagi yah silakan tetapi disesuaikan dengan instansi dimana para lulusan itu berada karena sebelum peraturan ijin kuliah diluar kedinasan di seragamkan di kemenkeu tiap2 dirjen di kemenkeu punya peraturan sendiri-sendiri... tp sekarang udah seragam (aurannya nggak ane jelasin disini karena panjang sekali lagian ini treat buat yg masih galau mw pilih STAN atau PTN atau PTS)mungkin sekian dari TS untuk yg STAN... lanjut dibawah bagi yg mw PTN dan PTS


    ReplyDelete
  37. bagi yang pengen ke PTN bagus juga semua tergantung pilihan yang jelas klo lo masuk ke PTN dan keterima di jurusaan yang sangat popular dan sangat bagus ane sarankan diambil saja... tapi terserah ente tujuannya mw pengen cepat dapat kerja yah ambil STAN... klo pengennya cari pengalaman di kuliah dulu dan ortu lo tajir atau sudah nasib keterima di PTN yah kuliah di PTN.... di PTN setau gua banyak juga beasiswanya.....semua tergantung kita... intinya kita mau berusaha atau nggak.... banyak mahasiswa sekarang yg nganggur itu karena mreka malas....klo mahasiswa yg rajin dan ulet yang mikirin masa depan nggak bakalan jadi pengangguran.... perlu diinget dapat kerjaan yang bagus buat masa depan itu tergantung dari usaha dan doa intinya rezeki itu tergantung kita klo kita ulet dan selalu bekerja keras insya Allah dapet yang terbaik....bekerja nggak harus diinstansi pemerintah, tapi bisa di SWASTA, atau jadi enterprenur ship... jangan maksakan kuliah di STAN atau di PTN tapi kita sendiri nggak fashion dengan apa yang kita dapatkan artinya kita sendiri yang membuat diri kita terpenjara dengan keputusan kita dimasa lalu.....memilih jurusan mw di PTN atau di STAN atau di PTS semua dikembalikan ke masing2 individu atau mw ngelanjutin ke D1 selain STAN juga tergantung individu.... karena semua tidak 100% menjamin kesenangan individu... karena kesenangan itu sifatnya relatif.....bagi yang pengen dan dah dari awal pengen cepet naik jabatan yah monggo mw masuk ke instansi pemerintah dari jalur S1 karena memang tidak dipungkiri melalui jalur S1 akan lebih cepat untuk naik jabatan... tapi tidak menutup kemungkinan yang dari D1 ataupun dari SMA tidak bisa cepat naik jabatannya.... dan lagi2 semua tergantung individu karena tidak semua orang merasa nyaman untuk memegang jabatan... apalagi sekarang sistem di PNS itu sudah mulai berbasis kinerja bukan sistem PGPS lagi.... loh pada yg masuk dari S1 klo nggak bisa kerja bakal dicemooh juga sama yang masuk dari SMA , D1 atau D3... atau juga sebaliknya intinya semua berbasis ke kinerja...dan lagi2 semua kembali ke individu individu masing ... sesuai dengan kenyamanannya dan kesukaannya masing....

    ReplyDelete
  38. Ya elah yang punya blog yang kerja di Indomaret kan? :P

    ReplyDelete
  39. tapi kan setelah D1 bisa lanjut kuliah lagi mbak.

    ReplyDelete
  40. kuliah bukan hanya buat cari kerja mas, niatkan untuk mencaari ilmu supaya berguna. kurang tepat kalo d1 dibilang palsu karna menurut saya yang salah adalah paradigma dan reward yg masih berdasar ijazah.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum.
    Saya saat ini mahasiswa STAN D1 Perpajakan dan jujur saya tidak habis pikir dengan tulisan anda.
    Bukan karena saya hanya mahasiswa D1, tapi karena tulisan anda hanya mengandalkan pengetahuan yang sesungguhnya dangkal sekali, anda hanya mengandalkan 1 survey dari diri anda dan 1 bukti penguat dari teman anda.
    Bukan bermaksud sombong, saya ingin menambahkan hasil survey anda barangkali bisa mengubah pola pikir anda yang sebenarnya belum layak untuk dipublikasikan mengingat minimnya pengetahuan yang didapat tentang D1.
    Saya diterima Jalur undangan/tanpa tes di Perencanaan Wilayah dan Kota UGM, tapi saya tidak ambil karena di jurusan itu tidak ada mata pelajaran menghitung, entah itu fisika, kalkulus, dll. Lalu saya ikut STIS hanya asal daftar sih, dinyatakan lolos dan tidak saya ambil karena saya menyadari minat saya bukan di statistik. Lalu saya tes SBMPTN dan dinyatakan lolos di Teknik Arsitektur Universitas Brawijaya, sudah saya ambil, sudah bayar UKT saat ini sebesar 7juta, sudah ikut ospek. Tetapi semuanya saya lepas KARENA SAYA DITERIMA D1 STAN. Sekali lagi, SAYA MELEPAS 3 JENJANG S1 YANG SUDAH SAYA DAPATKAN DI TANGAN SAYA HANYA UNTUK D1 STAN.

    Silahkan katakan saya bodoh.

    Karena niat saya bukanlah untuk pendidikan yang tinggi, sesungguhnya pendidikan tinggi bukanlah apa-apa jika anda tidak memiliki jaminan APAPUN bahwa di masa depan anda akan sukses dengan gelar S1 anda.

    Saya melepas semua dan mengambil D1 STAN karena menyadari masa depan saya akan cerah disana, setidaknya saya bisa meringankan beban kedua orang tua saya dan syukur2 membantu mereka karena insyaallah tahun depan saya sudah lulus kuliah D1 stan dan magang serta menunggu pra-jabatan untuk bekerja di Kementerian Keuangan di usia saya kelak 18 tahun.

    Wassalam, Nesya. D1 STAN 2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyambung dari mbak nesya..

      Saya juga udah dinyatakan lulus di F. Kedokteran Gigi USU sempat ikut ospek malah ikut ujian blok tapi waktu pengumuman STAN , saya lulus di D1 PAJAK lalu saya ambil STAN. FYI buat penulis , salah satu dosen saya , alumni D1 kebendaharaan masih muda sudah menjadi Kepala Bagian di salah satu Balai Diklat Keuangan. Masih sia sia ya D1 ? Iya admin sia sia memang kami disini kalo cuman diam dan DO dari STAN. Kayak kata mbak nesya , D1 tahun depan wisuda lalu TKD lalu penempatan dan langsung bergaji , jangankan waktu kerja , waktu kuliah juga kami dapat uang saku kok. Malah kalo anda mau tau, banyak rekan saya dari F. Kedokteran UI , Arsitek ITB , F.Ilkom UNPAD , bahkan ada dosen saya yg ninggalin FTTM ITB demi STAN.
      Masih sia sia ? D1 bukan akhir segalanya. Abis D1 , setelah dapat izin Atasan untuk lanjut sekolah kita bisa ikut seleksi D3 Khusus dari STAN atau ikut seleksi S1 kuliah dari univ lain. FYI lagi selama kuliah GAJI KAMI TETAP JALAN. Anda yang sia sia karna kurang usaha makanya gak lulus di STAN.

      Wassalam , Aditya STAN PRODIP 1 Perpajakan 2014

      Delete
    2. Halo dek nesya, kalo lu udah kerja, lu bakal tahu betapa jongosnya alumni d1, dan lu akan sakit ati liat anak2 s1 yg otaknya dodol tp bisa jadi bos lu, tanya deh mereka, banyak yg gagal 3kali usm stan

      Delete
    3. @anon: jongos mana sama lulusan S1 yang masih bingung cari kerja, atau yang kerja dengan gaji pas-pasan yang bahkan sama sekali ga mereka bayangkan? Mending mana sama yang D1 tapi take home pay setara bahkan lebih dari S1? D1 di kementerian keuangan itu dihargai, saya belajar dari cerita2 alumni stan, ga ada tuh yang ngeluh cuma lulusan D1, karena ilmu mereka dihargai.

      Delete
  42. ente kenapa gan ? sakit ?
    polos banget agan 1 ini

    ReplyDelete
  43. Kasian banget yang nge posting tulisan ini, Mungkin dia mulai lelah dan iri terhadap D1 STAN :D, sekedar sharing saja, teman ane yang lolos S1 Teknik Kimia ITS dan FK Unpad aja rela di lepas demi D1, Hidup itu pilihan, jangan sembarang bilang bila belum tau D1 STAN.

    ReplyDelete
  44. saya alumni STAN prodip 1 pajak 2013
    sekedar bahan renungan buat kalian semua disana, pengguna almamater STAN maupun yang bukan. mau kerja di manapun kalo orientasi nya jabatan,gaji,dsb. hidup kalian tidak akan pernah tenang. buat adek adek D1 STAN 2014, saya beri tahu sebuah fakta bahwa nyatanya nanti setelah kita ditempatkan, gaji tunjangan dan segala macamnya akan jauh berbeda dengan pegawai rekrutmen umum (D3 atau S1) , sampe sampe kita hanya bisa ngiler dibuatnya. namun kembali lagi pada individu masing masing, apabila kita bisa bersyukur dan semata mata mengabdi buat kemajuan bangsa. insha allah cukup, setidaknya buat batin kita masing masing. plus sangat jarang loh ada pegawai yang tingkatnya setara SMA tapi gajinya lebih lebih dari S1 yang bekerja diluar kemenkeu nun jauh disana hahaha. bersyukur kuncinya.
    salam Nagara Dana Rakca

    ReplyDelete
  45. Yang penting belajar dgn rajin, baik belajar pelajaran di sekolah maupun mempelajari buku usm stan. Supaya nilai un SMA nya bagus dan bisa lolos usm stan, sehingga dapat memenuhi persyaratan.nya dan doa restu dari ortu. Insya'allah dgn seperti itu rejeki akan terus menghampiri kita :)

    ReplyDelete
  46. sombongnya yg dari d1 stan, giliran dikantor pada iri sm yg d3 apalagi yg s1..nih biar pada nyadar d1 djp 6jt, d3 djp 11 jt, s1 djp 12 jt

    ReplyDelete
    Replies
    1. 11 juta darimana ya om ? :v
      Saya lulusan d3 kok ndak ngerasain 11 juta :v
      kalau mau fair2an take home pay d3 di djp cuma 7,6jt om, d1 adek kelas ane 5,3jt, sekarang om kerja di djp sebelah mana om ?

      Delete
  47. Ente bener gan, emang d1 ga ada apa2nya dibanding yang keterima di kemenkeu pas udah s1, apalagi kalo ngebuang s1 demi d1 wkwkwk, belom lagi kalo sial dapet penempatan di pelosok wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak sial itu dong. Kalau ditaruh didaerah sana kudunya bersyukur. Pertama bisa tau indonesia. Kedua bisa ikut serta dalam membangun indonesia. Lah kan udah jadi pns,gaji gede masak masih gak mau ngabdi ke negara malu om sama sumpahnya sendiri

      Delete
    2. Ya gak sial itu dong. Kalau ditaruh didaerah sana kudunya bersyukur. Pertama bisa tau indonesia. Kedua bisa ikut serta dalam membangun indonesia. Lah kan udah jadi pns,gaji gede masak masih gak mau ngabdi ke negara malu om sama sumpahnya sendiri

      Delete
  48. Hehehe.. Jangan ernah bilang D1 itu menipu om.. Hanya orang2 mindset negatip saja yang bilang gitu.. :d

    ReplyDelete
  49. intinya kuliah buat apa guys buat kerja atau buat cari ilmu, ? klo pun di tp tiket kerja ud dpt nanti kan bs kuliah lg ke jenjang yg lbh tinggi, drpd kuliah tinggi2 kerja ga dpt. mending d1 kerja abis itu penyesuaian pangkat ke ijasah lbh tinggi.

    ReplyDelete
  50. Aku sih gak kuliah lagi , cuma menyantren jadi gak fokus ke ijazah

    ReplyDelete
  51. Cukup fokus ke ilmu dan pengetahuan ijazah bagi saya nomor ke 100

    ReplyDelete
  52. Masak menipu om?? wah2.. eman sy kuliah D1 ini.. :-(

    ReplyDelete
  53. Klo saya sih anggep biasa saja gan :D namanya kuliah yang penting dapet ilmu. betul kan? (y)

    ReplyDelete
  54. Mau nanya nih kuliah d1 tapi bukan di stan gimana ? Contohnya perhotelan gitu cara ngelanjutin ke s1 nya gimna ya?

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah keterima d1 pajak stan haha

    ReplyDelete
  56. Saya tidak setuju jika dikatakan d1 sma mahalnya dengan univ. Faktanya di stan maupun ptk lain yang diploma itu gratis tis gak pake bayar. Mohon situ punya pemikiran yang dirobah. Faktanya skrg orang yang cpns bingung kapan mau diangkat jadi pns. Bahkan pemerintah mau memberhentikan pns lulusan sma. Lah kenapa kita d1 tetep ambil? Karena kepastian kerja dan kesejahteraan bos. Selain itu kita juga mau ubah negara jadi lebih baik lagi. Mohon pemikirannya dirobah ya. D1 stan jauh berbeda dengan d1 sekolah lain. Jadi jangan takut apabila kena di d1nya stan. Buat lanjut ke s1,cukup kerja 4 tahun (sistem kerja 3n+1) setelah itu bisa lanjut ke s1 atas inisiatif sendiri. Atau kalau mau yang gratisan setahun setelah kerja ikut tes d3 khusus. Ntar kalau dapet,anda bisa senang sekali. Karena gak kerja malah dapat bayaran. Percayalah,saya punya saudara lulusan d1 pajak stan kok

    ReplyDelete
  57. Jrit ni orang kurang dapet informasi, ijtihad sendiri, ngehina kampus orang, merendahkan d1.. btw d1 pajak fresh graduate gajinya udh 6.1 jt loh thn ini. Kemaren 7jutaan lebih, tp turun karena target pajak gak nyampe. Coba bandingin dengan yang fresh graduate s1, jauh kok gajinya juga. Btw masuk stan itu gratis dan gak bayar!!

    ReplyDelete
  58. kwkwkwkwkwk ni orang yang bikin postingan gila kali. coba mas survey kesini langsung ke stan. kating gua ada yang semester 4 FK UGM dilepas demi d1 stan karena mikir pertimbangan dg baek2, ga hanya mikir JABATAN. sini gua temenin survey semua orang di stan mas :v

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top