Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Wednesday, April 17, 2013

Pesona Senja Candi Penataran

Parade wisata ke Blitar kali ini saya mengunjungi salah satu candi yang cukup terkenal di jawa timur yaitu candi penataran. Candi ini terletak di sebelah utara kota blitar tepatnya di kabutapen blitar desa penataran kecamatan nglegok. Candi ini sama dengan candi-candi yang lain kebanyakan di pulau jawa yaitu melatar belakangi agama hindu. Akses menuju candi ini sangat mudah. Pengunjung tinggal memilih pake angkot atau pake armada sendiri.

Di candi ini ada dua akses masuk, yang pertama lewat jalur besar yang nanti ada loket masuknya, dan yang ke dua lewat perkampungan warga yang tidak ada loket masuknya alias gratis. Kebelutan aku kemarin kesana pake jalan warga jadi geratis. Dan aku juga gak tau berapa biaya masuk candi ini ketika melewati loket.

Kebetulan aku punya sodara di blitar jadi akses kesana semakin mudah, aku di temani oleh adek keponakan  namanya pipit, mbak keponakan namanya mbak luluk dan satu lagi temen mbak luluk. Semuanya cewek dan seperti biasa saya kebagean porsi paling ganteng sendiri.

Setelah melewati perjalanan sekitar 1 jam, akhirnya kita sampai di candi. Dan pertama kali melihat candi ini aku langsung merasa heran, karena tidak menyangka ada candi di daerah sini. Konon blitar kan daerah yang rawan gunung kelud meletus. Dan pernah meletus dahsyat juga. Candi ini kok masih bisa berdiri dengan kokoh itu loh yang membuat saya heran.

Di pintu utama candi kami di sambut oleh 2 patung raksasa yang seakan ingin mengucapkan selamat datag di kerajaannya. Patungnya ini pake pentungan, sama seperti patung2 yang biasa di temui di Bali
Patung Candi Penataran
sebagai pengunjung yang baik, kita juga di sarankan untuk mematuhi segala peraturan yang ada di candi itu loh ya.
.
Peraturan memasuki kawansan candi

Suasana Candi Penataran

Ini dia keponakan2ku dan satu temenya


Ini adalah candi yang paling besar

View candi dari depan
Dan foto yang paling saya buru adalah di keadaan yang seperti ini
Sunset di candi penataran
Di candi ini ada batasan waktu untuk berkunjung loh ya, jadi selepas jam 17 candi ini akan di tutup.

Semoga dengan kunjungngan saya ke candi ini bisa menginspirasi rekan-rekan semua untuk berkunjung ke sana. Terima kasih




Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

7 Tanggapan pembaca

  1. saya ndak pernah main kesana, sepertinya sejuk yah?
    itu foto yg paling bawah.......romantis banget deh :)

    ReplyDelete
  2. orang dulu tentu sudah paham dengan lokasi atau daerah yang rawan bencana seperti gempa dan letusan gunung api, untuk membangun candi mereka rupanya sudah punya teknik yang mumpuni agar candi menjadi tahan gempa.
    Ini terbukti dengan ditemukannya struktur pondasi pada Candi Prambanan yang membuat peneliti kagum.

    ReplyDelete
  3. jadi sampe sore nongkrong di candi panataran ini ya sob! wah, asyik banget bareng keluarga.

    ReplyDelete
  4. aku sdh pengen neh ke Cand penataran, anterin yaaaaa...hehehe

    ReplyDelete
  5. ini yang peninggalan Majapahit kan ya Mas?
    pengin kesana, belum pernah sihh. kapan bisa kesana bareng2?

    ReplyDelete
  6. ehm... keren ya. saya malah belum pernah nie, nyesel saya kalau tau gitu waktu di surabaya dulu saya mampir dah ke blitar.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top