Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Friday, May 3, 2013

Negri Pungli

Oknum yang melakukan pungli
Masih ingat dengan pradoks iklannya djarum 76 yang mengkisahkan pungli? itu ternyata sindiran untuk gayus tambunan loh. Dan saya baru tahu kalo iklan itu mengarah ke gayus. Memang sangat fenomenal orang yang satu ini. Salah satu mafia pungli yang paling besar di Indonesia. Dan anehnya sekarang ini kan dia di tahan , eh malah beli rumah di deket rumah tahanannya.

Mungkin kalo lagi istirahat si gayus ini langsung mampir ke rumah kali ya:ngupil. Yang jelas itu adalah salah satu potret buram negri ini. Kalo kita ungkit-ungkit pasti malah sakit hati sendiri. Orang yang nyuri sendal aja di hukum belasan tahun tapi yang korupsi hanya di hukum dengan hitungan jari. udah gitu harta yang di sita sangatlah sedikit.

Ngomong-ngomong soal negri pungli, saya kemarin bincang-bincang dengan sopir truk yang biasanya itu nyupiirin bahan pokok ke jakarta dari malang. Dia cerita kalo belakangan ini sangat resah karena setorannya di jalan semakin banyak. Kalo masih belum tau apa yang tak maksud dengan setoran di jalan , saya jelaskan dulu.

Jadi, kalo kita membawa apapun itu dalam jumlah yang besar dan di angkut oleh angkutan besar pasti di jalanan itu harus setor uang sekian ribu untuk oknum-oknum baik itu polisi atau preman-preman jalanan. Kenapa harus seperti itu? alasannya adalah soal keamanan dan pajak wilayah ke mereka. Kalo kita tidak setor maka ada-ada saja hambatannya.:ngumpet

Yang paling ringan barangnya di curi atau yang paling berat kendaraan kita di buat berhenti secara paksa dengan cara di jebak pake paku. Nah ngeri kan? Belum lagi kalo ada yang namanya bajing loncat, atau yang sering di sebut maling loncat. Jadi malingnya itu naik pohon terus lompat ke kendaraan kita. Terus mereka ngubek-ngubek apapun yang kita bawa.

Nah, sekarang lanjut ke pak sopir tadi. Jadi pak sopir itu mengeluh setorannya semakin banyak, ketika tak tanya berapa? dia tidak mau jawab, katanya nanti kamu kaget terus jantungan. Mending kamu sekolah aja yang bener terus benerin pungli di jalanan itu. Hehehe ....

Ya itulah kisah saya dengan seorang pak sopir yang menyebut negri ini adalah negri pungli versi jalanan.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

11 Tanggapan pembaca

  1. kalau disuruh sekolah dulu...kelamaan, mendingan kalau abis lulus dapet kerjaan, kalau nganggur...kan malah tambah lama...kapan mau benerin punglinya kalau gituh coba..?!hehehe

    ReplyDelete
  2. susah deh mas kaaulau membhas seperti itu , sudah telat , sdah terlalu banyak mas ..

    ReplyDelete
  3. ngeri yah di negara kita, mulai dari kelurahan sampai tingkat pusat pungli masih rame. kapan akan maju klw spt ini? :-?

    ReplyDelete
  4. ini budaya asli bangsa indonesia atawa dari luar yaaa? :-b

    ReplyDelete
  5. semboyan lamanya yg sampe sekarang masih trus nempel kali ya mas....

    apa2 katanya..."aji mumpung"..... :)

    ReplyDelete
  6. sptnya pernah liat adegan d poto itu....hehehe klo pas lewat terminal tuh.

    ReplyDelete
  7. ya di nikmatin saja dech sobat. memang inilah negeri kita indonesia. semua pejabat dari awal mengincar suatu jabatan tujuannya cuma 1 "mencari uang" bukan "memakmurkan negara" jadi ya begini dech kejadiannya..?

    ReplyDelete
  8. Lalu :-? yang setiap hari pungli ke aku...
    Hmmm... baru nyadar aku [-(

    ReplyDelete
  9. hadeuh bahas jayus
    jadi kepikiran tiap bulan gajian dipotong 700rb buat ngemodalin pasukannya jayus
    hiks...

    ReplyDelete
  10. biasanya kalo aparat bawa barang (kayu), lewat. kalo yang lain stop, ditanya ijin, dll plus mesti ngasih ongkos buat yg nyetopin.

    kalo gayus yg cuman staf dapat ratusan milyar, masa bosnya gak tau. logika yg aneh antar bawahan dan atasan.

    ReplyDelete
  11. Indonesia tidak akan pernah maju kalau seperti ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top