Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Monday, June 25, 2012

Toleransi

Keindahan itu ada di tangan kita
Salam Blogger, Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas toleransi, Kata toleransi ini biasanya di gunakan untuk mentolerir apapun yang ada di sekeliling kita. Seorang agamis yang taat pasti rasa tolelirnya sangat besar, itu sih pendapat saya, etah untuk pendapat yang lain saya tidak tau. Baiklah, mari kita bersama-sama untuk berdiskusi tentang toleransi. 

Toleransi, siapa sih yang gak kenal dengan bahasa yang satu ini, kira-kira saya mendapat hal yang satu ini dari SD kelas 4. Mulai dari dari kecil kita di anjurkan untuk toleransi. Tujuannya apa? sudah jelas, toleransi adalah sikap atau sifat saling menghormati diantara sesama manusia untuk membentuk suatu kesatuan. Rasa ini di miliki oleh setiap manusia yang ada di dunia.

Kalopun anda sekalian tidak menemui orang yang toleransi, pasti orang tersebut adalah orang yang tergolong veteran terhadap toleransi. Supaya tidak menyinggung perasaan bersama, saya ingin mencontohkan toleransi antar umat beragama. Meski kita tau bahwa Indonesia ini mempunyai berbagai agama. Kita lihat di seseliling kita, banyak bertebaran orang yang berlainan jenis agama bisa kumpul menjadi satu kesatuan yang bahkan bisa di katakan tidak terpisahkan.

Sifat Toleransi di ajarkan sejak dini
Bicara soal agama, saya teringat dengan teman saya, dia mempunyai pacar yang beda agama, mereka hidup bahagia sekali dengan apa yang selama ini di lakukannya. Mereka saling menghormati dan saling toleransi satu dengan yang lainnya. kemudian saya tanya, bagaimana itu semua bisa terjadi, jawabannya simple sekali. Dia hanya menjawab. Persatuan itu hanya ada karena sebuah perbedaan, dan hal yang mempersatukan kita adalah cinta dan rasa saling memiliki satu dengan yang lainnya. Bukan membicarakan perbedaan kepercayaan yang selama ini menjadi momok kami.

Lalu aku tanyakan lagi, apakah nanti kalian akan menikah? Jawaban yang mereka lontarkan adalah. Semua itu terserah Tuhan, karena tidak ada yang melebihi apa yang di rencanakannya untuk kita. 

Indah sekali bukan? nah kesimpulan artikel hari ini adalah. Hidup toleransi itu adalah salah satu contoh pendewasaan diri kita. Belajar toleransi adalah belajar untuk menghormati lingkungan dan menghormati sesama. 
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 Tanggapan pembaca

  1. Kalau menurutku sih, ada hal-hal yg gak bisa di toleransi..setidaknya aku gak bisa untuk bertoleransi pada ketentuan beda agama kalau nikah nanti..hehehe..

    ReplyDelete
  2. sama halnya kita sobat saling bertoleransi...

    ReplyDelete
  3. sekali lagi untuk artikel di blog sobat, gue setuju and sepakat banget!, tetapi toleran dlm hal yg umum, untuk hal khusus seperti kata mbak ririe, itu pun akan berakhir pada sebuah kata "toleran yang memahami", jadi ada batas2 tertentu.hehehee..!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top