Di semester 1 ternyata juga ada praktikum mestat...praktikum ini ditujukan untuk mengimbangi pengajaran di kelas. praktikum yang pertama adalah mencari analisis data deskret, seperti mean, mesian, modus dengan menggunakan aplikasi genstat.
nah untuk laporannya sendiri menggunakan kertas A5 karena MIPA UB skripsinya pake kerta A5.
interface aplikasi genstat |
nah untuk laporannya sendiri menggunakan kertas A5 karena MIPA UB skripsinya pake kerta A5.
kurang lebih praktikumnya seperti ini:
LAPORAN PRAKTIKUM
ANALISIS
HASIL NILAI UN MATEMATIKA SMAN 1
PAGAK 2010
PROGRAM IPA (20 siswa)
Oleh
:
Nama
|
: Deby Putra
Bahrodin
|
NIM
|
: 115090507111013
|
Asisten I
|
: Hanah Rista
Sariyya
|
Asisten II
|
: Choirun Nisa M
|
LABORATORIUM STATISTIKA
PROGRAM STUDI STATISTIKA
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2011
BAB
I
PENDAHULUAN
`
1.
Latar Belakang
Dalam pengujian
statistic, data yang valid sangatlah perlu, karena dengan data yang valid kita
bisa menjadi tahu bagaimana hasil analisa kita dengan sebenarnya.
Analisis statistic yang
paling sederhana adalah analisa statistik
deskriptif yaitu berupa nilai (mean,
median, modus, kuartil, ragam, simpangan baku, koefisien keragaman) maupun
berupa grafik (poligon, histogram, boxplot, diagram batang dan daun)
Sehingga, kalau
semuanya sudah diketahui hasilnya, tugas kita adalah menginterprtasikan atau
menyajikan data dengan kalimat, kalimat di sini sangat menentukan dan di
sinilah para analisis di uji, apakah apara analisis itu bisa menyajikan data
dari angka ke bentuk kalimat yang mudah untuk di pahami.
Akhir dari suatu
analisis adalah menyimpulkan hasil analisis, penyimpulan penting karena kita
tahu apakah hasil dari yang kita analisis.
2.
Tujuan Praktikum
a.
Melakukah
Uji analisis menggunakan statistika deskriptif dari data hasil nilai UN bidang
study matematika SMAN 1 PAGAK tahun ajaran 2010 (diambil 20 siswa dari total 75
siswa) program study IPA
b.
Mencari
salah baku rata-rata dan koefisien keragaman dari data hasil nilai UN bidang
study matematika SMAN 1 PAGAK tahun ajaran 2010 (diambil 20 siswa dari total 75
siswa) program study IPA
c.
Menginterpretasikan
nilai tengah, kuartil atas dan kuartil bawah, simpangan baku, salah baku
rata-rata.
d.
Menarik
kesimpulan dari hasil analisis
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Ukuran Keragaman
Ukuran keragaman ialah suatu nilai atau ukuran yang
menunjukan besarnya simpangan data dari pusatnya. Ukuran keragaman yang akan
dibahas disini ialah kisaran (range),
ragam (variance), simpangan baku (standard deviation), koefisien keragaman
(coefficient of variation), dan
nilai-Z (Z-value).
Ukuran keragaman dapat menunjukan
pula homogenitas atau kehomogenan data. Semakin besar nilai suatu ukuran
keragaman maka semakin rendah homogenitas data (artinya data semakin tidak
homogen).
Kisaran atau range ialah jarak
antara data terbesar dengan data paling kecil. Rumus dari kisaran ialah sebagai
berikut :
Kisaran
= Xmax – Xmin
Ragam ialah rata-rata jumlah kuadrat
simpangan data dari pusatnya. Rumus dari ragam ialah sebagai berikut :
Untuk data populasi :
Untuk data contoh :
Simpangan baku ialah akar positif dari ragam. Rumus dari
simpangan baku ialah sebagai berikut :
Untuk data populasi :
Untuk data contoh :
Koefisien
keragaman ialah simpangan relatif data terhadap pusatnya. Rumus dari simpangan
baku ialah sebagai berikut :
Untuk data populasi :
CVpop = σ/μ x 100 %
Untuk
data contoh :
B. Ukuran Pemusatan
Ukuran Pemusatan ialah suatu nilai atau
ukuran yang menunjukan pusat dari suatu gugus data. Ukuran
pemusatan yang paling sering digunakan ialah mean, median, dan modus.
Mean disebut juga rata-rata atau nilai tengah dicari
menggunakan rumus sebagai berikut :
Untuk
data populasi :
Untuk
data contoh (sample) :
Median
disingkat med dicari menggunakan rumus sebagai berikut :
Pertama-tama urutkan data terlebih
dahulu kemudian …
Untuk
n = ganjil
Med
= xk ; dengan k = (n+1)/2
Untuk
n = genap
Med
= (xk + xk+1)/2 ; dengan k = n/2
Modus
adalah nilai dengan frekuensi terbesar. Jika pada suatu gugus data terdapat dua
nilai frekuensi terbesar maka kedua nilai tersebut adalah modus yang disebut
dengan bimodus atau bimodal. Jika pada suatu gugus data terdapat tiga nilai
frekuensi terbesar maka ketiga nilai tersebut adalah modus yang disebut dengan
trimodus atau trimodal
BAB
III
METODOLOGI
A.
Mengimport Data dari Excel
Sebelum kita praktik
menggunakan genstat, setidaknya kita mempunyai data di Excel karena dengan data
yang sudah tersedia kita dengan mudah dan cepat bisa menghitung data.
1.
Langkah
pertama untuk mencari analisis di atas adalah membuka lembar kerja Genstat
terlebih dahulu.
2.
Langkah
ke dua adalah import data dari excel
Klik icon X di kiri atas
Gambar icon import excel
3.
Setelah
di klik maka akan muncul jendela baru dimana kita harus menentukan dimana data
excel kita tadi di simpan.
jendela Import Excel
4.
Langkah
ke 4. Setelah kita menentukan dimana file excel di atas di tentukan klik 2 kali
pada file tersebut lalu akan muncul jendela baru seperti di bawah ini:
Jendela penentuan sheet
5.
Langkah ke 5. Setelah muncul jendela seperti di
atas, tentukan sheet data excel anda setelah itu klik next, lalu akan muncul
jendela seperti di bawah ini:
Jendela ke 2
6.
Langkah
ke 6. Setelah muncul jendela di atas tentukan cell yang ingin kita uji dengan
mengklik specified Range
Di
sini saya menggunakan cel (B1:B21) kemudian
klik finish. Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini:
Jendela 3
7.
Langkah ke 7. Setelah muncul jendela di atas ,
sekarang langsung klik OK. Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini:
Jendela
genstat setelah di import data dari Excel
8.
Langkah
ke 8. Kalau kita perhatikan ada perbedaan di sisi kiri jendela genstat
tersebut, yaitu ada data yang sudah otomatis ter input, dan kalo kita
perhatikan di jendela input genstat pun juga sudah ada status kalau data kita
sudah terinput.
Cara
menampilkan jendela Output klik window è
Output lalu akan
muncul jendela seperti di bawah ini:
Jendela
Output Genstat
Jika
kita perhatikan yang paling bawah dari jendela tersebut sudah ada nilai max,
min, value. Seperti gambar di bawah ini:
Itu tadi adalah cara mengimport
data dari Excel, metode selanjutnya adalah menganalisa data.
B.
Menganalisa Data
Menghitung:
Median,
Kuartil atas, Kuartil bawah, Simpangan baku, standard error of mean,
coefficient of variation, sum of value, uncorrected sum of square, dan
corrected sum of square
1.
Langkah
1
Klik Menu Tab Stats è
summary statistic è
summarize contents of Variates
Tampilan
jendela stats
2.
Langkah
2
Setelah
mengklik summarize contents of Variates maka
akan muncul jendela seperti di bawah ini:
Tampilan
Jendela summarize contents of Variates
3.
Langkah
3. Kalo kita perhatikan di Avaible data ada nilai matematika. Nah supaya data
bisa di analisa klik dua kali di nilai matematika itu lalu perhatikan apa yang
berubah di kolom variates. Seperti gambar di bawah ini:
Nilai
matematika muncul di vartiaties
4.
Langkah
4. Setelah nilai matematika muncul di variaties sekarang kita menganalisa data
dengan cara mencentang/mengklik di menu option kemudian kalo sudah selesai klik
OK. Dalam praktik ini saya ingin menganalisa dengan option seperti gambar yang
terlihat di bawah ini:
Gamabar
yang saya analisa di menu option
5.
Langkah
5. Setelah kklik OK, lalu menujulah ke menu
tab window è
output. Maka
hasilnya seperti di bawah ini:
Hasil
dari output
Hasil
yang kita inginkan sudah terlihat langsung di menu output. Selanjutnya cara
membuat diagram dahan daun dan boxplot, bagaimana langkahnya?
C.
Membuat Diagram dahan daun dan boxplot
1.
Langkahnya
sama dengan di atas yaitu Klik Menu Tab Stats è
summary statistic è
summarize contents of Variates hanya
saja yang di centang pada menu option yang berbeda seperti gambar di bawah ini:
gambar yang di contreng adalah boxplot
dan stem n leaf
2.
Langkah
2. Setelah di klik OK maka akan muncul jendela seperti di bawah ini:
Jendela
Boxplot
Jendela
output diagram dahan daun
D.
Menganalisa dengan Ms. Excel
Selain menggunakan Genstat untuk
praktikum analisis juga bisa menggunakan Ms. Excel. Bagaimana
langkah-langkahnya?
1.
Langkah
1 buka Ms. Excel
2.
Entry
data seperti gambar di bawah ini:
Jendela Entry
3.
Setelah
di entry buat
(xi ^ 2)
|
(xi - bar)
|
(xi-xbar)^2
|
Di
samping nilai matematika, dan hasilnya seperti di bawah ini:
4.
Langkah
4. Setelah selesai membuat
(xi ^ 2)
|
(xi - bar)
|
(xi-xbar)^2
|
Untuk
selanjutnya membuat
sum or variance
|
uncorrected sum of square
|
sum of square
|
mean (x bar)
|
varians
|
standart deviaton
|
Tepat
di bawah data entry sehingga seperti pada gambar di bawah ini:
5.
Langkah
5. Masukkan rumus seperti gambar di bawah ini
(xi ^ 2)
|
(xi - bar)
|
(xi-xbar)^2
|
=b2^2
|
=b2-$B$26
|
=d2^2
|
Maka
hasilnya akan seperti di bawah ini:
Gambar hasil
6.
Langkah
6. Masukkan rumus seperti di bawah ini:
sum or variance
|
=sum(b2:b21)
|
=sum(d2:d21)
|
=d23^2
|
|
uncorrected sum of
square
|
=sum(c2:c21)
|
|||
sum of square
|
=sum(e2:e21)
|
|||
mean (x bar)
|
=average(b2:b21)
|
|||
varians
|
=var(b2:b21)
|
|||
standart deviaton
|
=stdev(b2:b21)
|
Maka
hasilnya akan seperti ini:
Gambar
hasil
Dan
secara keseluruan hasilnya seperti ini:
Gambar hasil keseluruan
BAB
IV
PEMBAHASAN
Diket:
a.
data
sampel HASIL NILAI
UN MATEMATIKA SMAN 1 PAGAK 2010 PROGRAM IPA diambil sampel 20 siswa{8.5, 8.25, 9, 8.25, 8.75, 8.75, 6.75, 8.5, 8.5, 9.5, 8.25,
8, 9, 7.5, 8, 8.5, 8, 8.75, 8.75, 8}
b.
= 0.36
c.
= 167,5
d.
= 20
Ditanya:
1. Mean
2.
Median
3.
Q1
4.
Q3
5.
Simpangan
Baku
6.
Koefisien
Keragaman
Jawab:
1. Mean
Mean
=
=
=
8,375
2. Median
Median
=
=
= 8,5
3.
Q1
Q1 =
=
= 6.25
ð
Data
ke 6,25 = 8
4. Q3
Q3
=
=
= 15
ð
Data
ke 15 = 8,75
5. Simpangan Baku
S
=
=
=
0,6
6.
Koefisien
Keragaman
=
=
7,1 %
èINTERPRETASI
ð
Data
hasil nilai UN Matematika SMAN 1 PAGAK program IPA tahun 2010 diambil 20 nilai
sampel siswa
ð
Sebagaian
besar siswa SMAN 1 PAGAK program IPA pada UN 2010 mendapatkan nilai 8,4
ð
Dari
20 siswa SMAN 1 PAGAK program IPA yang
di ambil sample, 50% persen diantaranya mendapatkan nilai 8,5
ð
25%
diantaranya mendapatkan nilai 8
ð
Dan
75% diantaranya mendapatkan nilai 8,75
PENUTUP
A.
Kesimpulan
a.
Untuk
mencapai hasil analisa yang memusakan membutuhkan kerja keras dan penguasaan
data, sehingga data yang menjadi output valid
b.
Dalam
pengujian data tunggal lebih mudah di analisa dan lebih cepat penghitungannya
c.
Selain
menggunakan genstat, ternyata Ms. Excel juga sangat berguna untuk membantu kita
menganalisa data
d.
Belajar
menggunakan Ms. Excel melatih kita untuk mencari data secara manual
e.
Salah
import data yang ada di Ms. Excel berakibat data yang terinput tidak bisa di
baca
B.
Saran
Praktikum ini bisa sangat efisien
bukan hanya di tunjang oleh piranti computer, tetapi juga pengajar yang
professional. Karena saya lihat sementara ini pengajarnya kurang memberikan
pengajarannya ke mahsiswa. Jadi terkesan “GJ”.
Mohon ada perbaikan penyampaian
materi pengajaran, biar kami bisa maksimal dalam belajar Asistensi ini.
DAFTAR PUSTAKA
0 Tanggapan pembaca
Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog