Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Sunday, June 10, 2012

Pengenalan Kehidupan Kampus


Sejarah
Rektor UB membuka kegiatan PK2
Pengenalan Kehidupan Kampus atau yang sekarang lumrah di kenal sebagai PK2 adalah agenda wajib kepada semua Mahasiswa Baru yang masuk perguruan tinggi (PT). Untuk sebuah PT acara PK2 ini di peruntukan untuk Mahasiswa Barunya dengan tujuan memperkenalkan kehidupan baru dan lingkungan baru di suatu PT berada. Penyelenggara PK2 ini adalah mahasiswa lama (MALA) yang berada di suatu PT, dengan seperti itu, MALA di harapkan mampu mengenalkan bagaimana kehidupan kampus yang sebenarnya.

Istilah PK2 MABA sendiri adalah istilah baru yang di gunakan untuk mengenalkan kehidupan kampus secara langsung, nama PK2 adalah metamorphosa dari istilah OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, dimana seperti yang biasa kita kenal istilah OSPEK ini sering di samarkan dengan kekerasan dan perpeloncoan bagi MABA. Tetapi hal tersebut sangatlah tidak benar.


Hal yang perlu di ketahui oleh setiap MABA tentang PK2 adalah bukan ajang untuk kekerasan, PK2 juga bukan ajang untuk balas dendam senior terhadap MABAnya. PK2 dimaksudkan untuk mengenalkan kehidupan kampus yang sebenarnya secara langsung dan di pandu oleh MALA.

Ada apa saja di Kampus?
Kalau bicara kampus pasti berbicara juga dengan mahasiswa, dosen, tugas, laporan, dan praktikum. Benar saja ketika seorang siswa menjadi Mahasiswa hal yang paling di takuti adalah berada di bawah tekanan sebuah deadline dosen, tugas, laporan dan praktikumnya karena bukan hanya waktu bermain yang di tukar tetapi juga waktu tidurpun menjadi taruhannya.

Mungkin itu hanya sekelumit tentang yang ada di kampus, ini bukan ajang untuk menakuti seorang siswa yang akan menjadi mahasiswa tetapi ini realita yang terjadi di kampus, apalagi sebuah kampus yang besar dan sebuah jurusan yang memang menantang, sudah bisa di pastikan semua itu akan di alami.

Bertolak dari yang menakutkan, di kampus ada yang mengasikkan juga, yaitu kehidupan berorganisasi. Kehidupan berorganisasi adalah salah satu kehidupan sendiri bagi mahasiswa untuk mengespresikan segala keletihan yang di alami di kehidupan akademik. Karena di organisasi tidak akan ada dosen dan tidak akan ada praktikum sebagaimana di kelas. Di sebuah organisasi mahasiswa lebih membutuhkan soft skillnya karena pada dasarnya hal yang di utamankan adalah interaksi social dan managemen diri.

Penyematan Topi oleh Rektor UB

Banyak dan berfikir?
Kembali lagi ke fungsi utama PK2 yang mengenalkan kehidupan kamus yang sebenarnya secara langsung dan di pandu oleh MALA. Dalam waktu yang sesingkat mungkin MALA di tuntut mampu mengenalkan kehidupan kampus kepada MABA. Jadi jangan merasa tugas yang di berikan oleh MALA nantinya banyak dan bisa menguras kinerja otak serta tenaga karena nanti saat masuk di perkuliahan pasti akan mengalami hal itu juga.

Jadi
Sebagai seorang calon mahasiswa tentunya harus di bekali supaya nanti ketika menjadi mahasiswa sungguhan tidak lagi mengeluh akan kehidupan kampus. PK2 bukan ajang untuk kekerasan dan perpeloncoan MABA tetapi sebagai langkah awal MABA untuk berlatih membiasakan diri dengan kerasnya kehidupan kampus. Jadi jangan pernah takut menghadapi PK2 dan jangan pernah merasa apa yang di lakukan oleh MALA itu memberatkan MABA, karena semua itu pasti akan ada manfaatnya di kemudian hari nanti. Selamat datang calon mahasiswa baru di Kampus Perjuangan.

*Tulisan ini saya persembahkan untuk adik-adik calon Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

7 Tanggapan pembaca

  1. jadi ingat dulu pas ospek , huhhh kesal dan mengasikkan juga tapi

    ReplyDelete
  2. biar gak mirip PKK'nya ibu-ibu jd nulisnya PK2 ya? Aku dulu OSPEK gak ada kekerasan kok...isinya ya pengenalan kehidupan kampus dgn beragam tugas yg menumpuk gitu deh. Toh kenyataannya mmg demikian saat sdh kuliah...bejibun tugas

    ReplyDelete
  3. Pengenalan kampus itu = Ospek kan sob???

    ReplyDelete
  4. wuuuuusss
    kayaknya keren tuh bang
    mohon doanya biar ane keterima di UB gan :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top